Visit www.eternityberry.com

BLOG PINDAH KE SINI


Tuesday, July 15, 2008

Cost and Fee

Q:

Kalo sekarang mau bangun rumah berapa harga /m2 nya. Dan spesifikasinya dengan harga segitu apa saja ? Lalu apa sih yang dimaksud dengan sistem Cost & fee, dan apa saja kelebihan dan kekurangan sistem ini. Kemudian apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih pemborong yang baik , sehingga tidak terjebak /dibohongi oleh kontraktor.

A:

Lokasi di mana ya bro?
Tergantung juga rumahnya, 2 lantai atau 1 lantai?
Sistem Cost & fee, biasanya didefinisikan seperti borongan. Biaya yang dikeluarkan berapa? Nanti pemborong minta fee berapa? Dalam cost tersebut biasanya oleh pemborong sudah di markup harganya untuk antisipasi kenaikan bahan material dan overhad bahan material yang terbuang. Ada juga pemborong yang mengajukan cost (tetapi keuntungan sudah dimasukan dalam cost tersebut) kemudian dia minta fee lagi, makanya ada borongan rumah yang biayanya jadi lebih tinggi.
Secara kasar kita bisa hitung biaya borongan dengan ukuran luas m2, tetapi untuk lebih fixnya lagi sebaiknya minta hitungan rincian RAB, karena apabila rumah yang luasnya lebih besar biayanya bisa lebih murah dibanding dengan rumah yang luasnya kecil.

No comments:

Email Me

Name
Email
Message
Kaskus/KG ID