Visit www.eternityberry.com

BLOG PINDAH KE SINI


Sunday, July 20, 2008

Swimming pool

Q:

Saya mau bangun rumah baru dibelakang rumah lama saya, ukuran tanahnya 20 x 30 M,rumah lama saya ukuran tanahnya 20 x 20 M tapi bangunannya berbentuk L, saya mau di tanah yang baru itu dibangun rumah dengan ada taman & kolam renang , selain itu rumah lama dan rumah baru bisa nyambung dengan tidak merenovasi terlalu banyak rumah yg lama. Saya tinggal di Kal-Sel dengan tanah rawa sehingga membangun rumah harus dengan sistem rumah panggung atau diuruk. Manakah yang lbh baik diuruk atau pakai tiang dengan kondisi harga bahan bangunan yg terus naik ini ? Trims atas infonya

A:Bangunan rumah yang baru bisa berbentuk L di satu sisi berukuran 10 x 30 m di sisi paling belakang berukuran 10x10 m. Untuk kolam renang dan taman bisa diletakkan diantara bangunan lama dan baru dengan ukuran 10 x 20 m. Dengan desain begitu tidak terlalu banyak yang direnovasi, dan untuk mobilitas material bahan bangunan perlu diperhatikan juga. Kalau memungkinkan lebih baik lewat tanah kosong di belakang agar pada saat membangunan tidak mengganggu aktivitas penghuni di dalam rumah yang lama.

Untuk tanah rawa yang perlu diperhatikan adalah:

1. Berapa kedalaman rawa tersebut? Atau tanah keras di dalam rawa tersebut sampai kedalaman berapa meter?

Untuk mengujinya sebaiknya pergunakan dulu test tanah. Dari hasil test tersebut bisa tampak untuk mencapai tanah keras memerlukan kedalaman berapa meter? Atau bisa juga mengulas kembali data kedalaman pondasi pada saat rumah yang lama dibangun. Biasanya kedalaman tanah keras tidak berbeda jauh.

Untuk menentukan jenis pondasi juga perlu memperhatikan beban yang disalurkan rumah ke dalam tanah. Untuk rumah satu lantai tidak perlu menggunakan pondasi tiang pancang cukup dengan pondasi batu kali ditambah cerucuk bambu di dalamnya, untuk rumah 2 lantai bisa juga menggunakan pondasi tiang pancang, strauss pile, sumuran, telapak, cakar ayam (untuk daerah berawa). Pada kondisi tanah keras yang normal (tidak terlalu dalam >10 m) bisa menggunakan pondasi tersebut di atas, rata2x harga pondasi tersebut hampir sama.

 

No comments:

Email Me

Name
Email
Message
Kaskus/KG ID