Visit www.eternityberry.com

BLOG PINDAH KE SINI


Tuesday, July 15, 2008

Foundation

Q:

Masbro mo konsul nih yah....Saya punya thread tentang pondasi nih

Sekarang sudah dibangun, dengan pondasi batu kali. kedalaman 1m dan diatasnya ada sloop beton. Foto sewaktu pondasi batunya jadi :
Photobucket

Kemarin diborongin minta 4.5 juta, dikerjakan selama 14 hari dengan 3 tukang. kok gw ngerasa kemahalan banget yah....?? kudunya cukup 2 juta CMIIW.Sekarang rencana mau dibikin kolom dahulu tanpa tembok (sloof tegak) apakah bisa bro..?? Menurut tukang lebih baik kolom dibikin bersamaan dengan tembok.Trus apakah pondasi saya kuat untuk ditingkat ? posisis tanah stabil dan padat.Mohon pencerahan
Salam,
kuli

A:
Boss yang perlu diperhatikan dalam membuat pondasi;
1. Kalo di atasnya ada tembok bata merah harus ada pondasinya.
2. Kedalaman pondasi batu kali minimal 80 cm.
3. Pondasi batu kali biasanya untuk rumah 1 lantai, kalo 2 lantai harus pakai pondasi telapak/strausspile/tiang pancang/sumuran. Kalo udah ada pondasi tsb tidak perlu ada pondasi batu kali, lebih baik sloof betonnya (disebut sloof gantung) diperbesar biasanya untuk bentangan 4 m rata2x menggunakan sloof uk. 25/45 cm (didalamnya pakai besi 16 mm = 8 btg dengan cincin besi 8 jarak 20 cm). Kalo bentang lebih dari >5 meter untuk dimensi sloof dan jml besinya biasanya dihitung dulu.
4. Agar dapat menghitung biaya pondasi batukali, harus dihitung dulu volumenya (m3). Harga untuk pondasi batu kali Rp. 375.000,-/m3 (sudah termasuk ongkos tukang).

Untuk kolom bisa saja dibuat dulu tanpa tembok, cuma untuk kolom yang dibuat dulu ukurannya harus lebih besar dibandingkan dengan kolom yang dibuat bersamaan dengan dinding, karena kalo ukurannya sama kolom tersebut akan goyang dan bisa patah.

Kalo rumah dengan beban yang cukup berat (dibagian atas lantai betonnya berat)/rumah ukuran besar bagusnya kolom berdiri sendiri. Kalo rumah 2 lantai bebannya tidak terlalu berat atau ukuran rumah tidak terlalu besar kolom bisa dikerjakan bersamaan dengan tembok.

Kolom yang dibuat berdiri sendiri biayanya akan lebih mahal dibandingkan dengan kolom yang dibuat bersamaan dengan tembok.

Kolom yang dibuat bersamaan dengan tembok dimensi lebar kolomnya tidak akan bisa > 10 cm (kalo tembok pakai bata merah, ukuran bata merah lebarnya cuma 10 cm)

Kalo pondasi batu kali dengan kedalaman 1 m untuk rumah 2 lantai bisa saja tapi umurnya tidak terlalu lama , lama kelamaan bisa terjadi penurunan. Sebaiknya bagian kolom yang menahan beban paling besar ditambah lagi dengan pondasi telapak ukuran 1 m x 1m kedalaman 2,5 m.

No comments:

Email Me

Name
Email
Message
Kaskus/KG ID