Visit www.eternityberry.com

BLOG PINDAH KE SINI


Tuesday, July 15, 2008

Wood

Q:

Untuk pertama deh, mo nanya ni, kayu untuk eksterior bagusnya apa yah?
biasa pake damar laut, ada yg sejenis ga ya? yg makin tua makin garang gitu

A:

1. Kayunya untuk apa bos? Kusen, pagar atau yang lainnya.

2. Kalo jenis kayu yang paling bagus sebenarnya kayu jati jawa tengah, cuma harganya lumayan mahal dan sudah jarang.

3. Untuk sekarang yang lumayan bagus dan kuat untuk ekseterior kayu damar laut dan merbau, cuman untuk damar laut ukurannya 6/15, yang 8/12 jarang ada. Untuk merbau ukurannya ada yang 6/15 dan 8/12. Harga keduanya lumayan sekitar 9 juta per m3. Untuk kayu damar laut apabila untuk eksterior sebaiknya difinisihing dulu soalnya luntur. Kalo merbau untuk eksterior tanap finishing tidak luntur. Kayu damar laut warnaya agak kuning kecoklatan, kalo merbau warnanya agak coklat kemerahan.

Q:

Bro...finishing buat ngilangin getah merbau apa ya.....soalnya ada project baru dan dek kayunya untuk balkon pake kayu merbau

A:

Sama seperti melamik biasa boss, cuma kayu ini jangan sampai kena air sebelum dikasih pelapis (warnanya jadi hitam). Pakai pelapis wood filler impra kamper (jangan yang wood filler impra jati nanti warnanya ngga sama atau belel) udah gitu disending seller yang pakai 2 komponen biar getah kayunya ngga keluar, dihaluskan lg dengan hamplas baru dikasih pewarna. Kemundian disending dan dikasih lapisan penutup. Kalo untuk pelapis di atas harganya lumayan tidak terlalu mahal. Beberapa hari yang lalu gua ditawarin bahan untuk melamik yang kualitasnya lumayan bagus cuman lupa merknya, temen gua udah pernah coba dia bilang bagus, tapi sistemnya dikuas. Buat diluar atau kena matahari tidak mengelupas.

Q:

Wah kalo untuk diluar sih biasanya ndak melamik tapi politur?

A:

Melamik dan politur pada dasarnya bahannya sama, disebut politur karena biasanya dikuas kalo melamik menggunakan disemprot. Bedanya kalo buat diluar bahannya tidak memakai woodfiller lagi karena bisa ngelotok. Untuk diluar juga bisa menggunakan semprot.

No comments:

Email Me

Name
Email
Message
Kaskus/KG ID